Review WLtoys Q333-A (Baby Inspire 1)

Posted By: Admin Bursadrone Di: News & info On: Thursday, April 27, 2017 Views: 2335

WLtoys Q333-A atau “Future 1” merupakan quadcopter yang cukup menarik. Tanpa ragu WLtoys mencoba untuk meniru drone kelas atas DJI Inspire 1. Pesawat ini memiliki desain yang sangat mirip dengan DJI Inspire 1, dan landing gear yang bisa dicabut benar-benar mirip seperti Inspire yang sesungguhnya.

WLtoys Q333-A atau “Future 1” merupakan quadcopter yang cukup menarik. Tanpa ragu WLtoys mencoba untuk meniru drone kelas atas DJI Inspire 1. Pesawat ini memiliki desain yang sangat mirip dengan DJI Inspire 1, dan landing gear yang bisa dicabut benar-benar mirip seperti Inspire yang sesungguhnya.

Bagaimanapun, drone ini adalah drone kelas mainan maka akan sangat kekurangan dari segi fitur, notifikasi ataupun alarm seperti yang ada pada Inspire. Tetapi, bukan berarti drone ini bukan drone yang menyenangkan!

Saya telah menerbangkan drone ini selama beberapa minggu, dan menurut saya drone ini adalah drone yang menyenangkan. Anda juga dapat mengelabui teman atau tetangga Anda dan membuat mereka berpikir bahwa Anda sedang menerbangkan drone seharga ribuan dolar.

Spesifikasi

  •          5.8GHz FPV transmission
  •          0.3 mega-pixel camera
  •          Dimensions: 45 x 45 x 14 cm
  •          Weight: ~600g
  •          7.4V 2S 2000mAh battery
  •          Controller-mounted FPV monitor
  •          Retracting Landing gear

Packaging

Q333-A terbungkus dengan baik di dalam box yang cukup besar dengan pegangan di atasnya. Drone ini lumayan besar maka sedikit mengejutkan bahwa boxnya tidak lebih besar. Boxnya memiliki grafis yang bagus dan informasi produk yang sesuai harapan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Q333-A merupakan quadcopter yang besar (dengan dimensi 45x45x14 cm) dan ini beratnya 1.6kg. Pada gambar diatas Anda dapat melihat Q333-A dari sisi ke sisi dibandingkan dengan Syma X8HG dan Q333-A jelas lebih besar dan lebar.

Q333-A hadir dengan ekstra sepasang propeller, microSD 4GB, microSD card reader dan dua charger ( satu untuk baterai quadcopter dan satulagi untuk built-in baterai pada layar FPV)

Waktu Terbang dan Kesan WLtoys Q333-A 

Q333-A hadir dengan baterai 2s 7.4v 2000mAh yang dimasukkan ke bagian atas quadcopter. Membutuhkan waktu 3 jam untuk mengisi baterainya dan dapat digunakan untuk terbang selama sekitar 9 menit dengan alarm tegangan rendah 20 detik, untuk total waktu terbang mendekati 9:30 yang sangat berkesan mengingat berat dan ukurannya.

Jika Anda mematikan LEDnya Anda mungkin bisa menerbangkannya hingga 10 menit. LED adalah salah satu fitur terkeren dari quadqopternya, seperti pada quadcopter XBM-55. LEDnya berbentuk garis terang dengan warna hijau di depan dan merah di belakang.

Kamera HD 720p berlokasi di hidung drone dimana ini adalah lokasi yang sedikit aneh mengingat badan Q333-A dapat meninggi dan merendah di 3 posisi selama penerbangan. Kameranya dapat merekam video yang layak, tetapi bukan wide angle dimana akan lebih ideal untuk pilot FPV.

Fakta bahwa badan quadcopter dapat merendah kebawah landing gear seperti pada DJI Inspire mungkin akan membuatnya ideal untuk memasang kamera wide angle dengan kualitas lebih tinggi di bagian bawah sehingga Anda dapat memfilmkan dan menurunkan bodinya dan kemudian landing gearnya tidak tertangkap pada rekaman video.

Secara keseluruhan kameranya tidak buruk meski terdapat beberapa jello tetapi tidak mengerikan. Anda mungkin bisa menghilangkan beberapa jello wobble dengan menyeimbangkan propellernya.

Kontroller WLtoys Q333-A

Kontroller Q333-A standar seperti gaya kontroller WLtoys. Bagaimanapun remotnya memiliki grip yang bagus sehingga terasanyaman di tangan Anda. Terdapat beberapa tombol pada remotnya, tombolnya besar dan mudah diakses meskipun posisinya aneh untuk tombol kecepatan dimana berlokasi di nomor 4 dari 6 tombol di bawah.

Dua tombol lainnya adalah untuk mematikan LED dan menggunakan One Key Return dan mode Headless. Monitor dari 5.8GHz FPV terdapat pada bagian atas kontroller. Posisinya pas dengan aman dan tidak membuat kontrollernya terasa berat. Layarnya bagaimanapun tidak terlalu cerah yang membuatnya sedikit susah dilihat (meskipun disediakan pelindung sinar matahari yang terlipat untuk mengurangi silau).

Sinyal FPVnya sangat bagus berkat ditransmisikan dengan frekuensi 5.8GHz. Tak ada masalah dengan dengan controller 2.4GHznya dan sebaliknya dimana itu merupakan hal yang biasa bagi penerbang WiFi FPV sehingga Anda dapat berharap untuk mendapatkan FPV dan jangkauan terbang yang baik dengan drone ini.

Diolah dari: http://www.rcdronearena.com/2016/11/07/wltoys-q333-a-drone-dji-inspire-review/