Keunggulan Drone yang Dapat Digunakan Untuk Bidang Pertanian

Posted By: Admin Bursadrone Di: News & info On: Thursday, September 7, 2017 Views: 1971

            Indonesia merupakan Negara yang memiliki Suber Daya Alam yang melimpah, Banyak petani Indonesia menggunakan cara lama untuk memantau tanamannya. Di era modern ini kita dapat menggunakan Drone sebagai alat bekerja para tani untuk mengawasi atau memantau hasil taninya dengan cara yang efisien dan tidak memakan waktu lama.

Keunggulan Drone yang Dapat Digunakan Untuk Bidang Pertanian

           

            Indonesia merupakan Negara yang memiliki Suber Daya Alam yang melimpah, Banyak petani Indonesia menggunakan cara lama untuk memantau tanamannya. Di era modern ini kita dapat menggunakan Drone sebagai alat bekerja para tani untuk mengawasi atau memantau hasil taninya dengan cara yang efisien dan tidak memakan waktu lama.

Saat kita memasuki bulan Juli, para petani di belahan bumi utara sibuk memantau pertumbuhan hasil panen mereka, menerapkan nutrisi, pupuk dan pestisida, dan mulai memperkirakan hasil panen mereka untuk musim ini. Dengan cara menggunakan Drone mereka berhasil mengumpulkan banyak informasi seperti yang dilakukan oleh petani AS.

            Bagaimana cara menggunakan Drone memauntau pertumbuhan yang dipanen?

1. Seberapa Tinggi Drone Terbang dan dapat dicocokan dalam bersamaan waktu, apa yang harus digunakan?

Tidak ada formula yang akan memberi tahu Anda seberapa tinggi untuk terbang dan berapa banyak yang dapat dicocokan dalam bersamaan waktu untuk digunakan. Ada beberapa panduan yang dapat digunakan.

Pertama, mari kita bicara tentang ketinggian penerbangan. Pada tingkat yang paling dasar, terbang lebih tinggi memungkinkan Anda meliput lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat dengan lebih sedikit penggunaan baterai. Karena banyak bidang yang cukup besar, banyak operator drone terbang sejauh mungkin. Di A.S., itu berarti di bawah 400 kaki, tinggi maksimum yang diizinkan oleh FAA.

Kelemahan untuk terbang tinggi adalah bahwa citra yang ditangkap memiliki resolusi lebih rendah daripada jika Anda terbang lebih rendah. Itu sebabnya seberapa tinggi Anda harus terbang tergantung bagaimana Anda ingin menggunakan peta. Jika Anda memangkas tanaman dengan tanaman yang cukup matang dan hanya mencari area variabilitas, Anda mungkin tidak memerlukan pencitraan beresolusi sangat tinggi. Namun, jika Anda melihat kemunculan tanaman muda, Anda mungkin perlu terbang lebih rendah (150-200 kaki) untuk bisa melihat tanaman melawan tanah di peta Anda yang telah selesai.

Dapat dicocokan dalam bersamaan waktu mengacu pada jumlah tumpang tindih antara foto yang diambil drone. Saat DroneDeploy memproses peta, perangkat lunak kami mencari fitur yang muncul di beberapa foto, dan menggunakan fitur dari fitur tersebut untuk menyatukan gambar bersama-sama ke dalam peta. Secara umum, semakin tinggi tumpang tindihnya, semakin mudah bagi perangkat lunak untuk mengidentifikasi fitur di banyak foto, dan semakin tinggi kemungkinan bahwa ia akan menghasilkan peta berkualitas tinggi yang sukses.

Seperti dugaan Anda, ada trade-off. Semakin tinggi tumpang tindihnya, semakin dekat kaki-kaki jalur penerbangan si drone, semakin lama penerbangan akan naik, semakin banyak baterai yang akan dikonsumsi drone, dan semakin banyak gambar yang dibawa drone  untuk menutupi area yang sama.

2. cara memetakan wilayah yang lebih luas dan terbang secara offline dengan DroneDeploy

Bagi para pengguna Drone Deploy di bidang pertanian bukan hal yang aneh untuk memetakan lading, banyak di antaranya berada di daerah dengan layanan wifi dan sinyal yang buruk. Untungnya, Anda dapat mengurangi kedua masalah potensial ini dengan rencana ke depan.

Rencanakan penerbangan Anda di komputer Anda. Jika Anda khawatir dengan masalah konektivitas, sebaiknya Anda membuat rencana penerbangan sebelumnya, saat kembali ke komputer. Kemudian, saat Anda masih memiliki konektivitas, buka aplikasi DroneDeploy di perangkat seluler Anda untuk menyinkronkan rencananya. Setelah rencana disinkronkan, Anda bisa pergi ke lapangan dan terbang - tidak ada koneksi seluler atau wifi yang dibutuhkan.

Bawa baterai ekstra. Jika Anda memetakan area yang luas (lebih dari 100 hektar), baterai adalah faktor pembatas dalam berapa banyak tanah yang dapat Anda lindungi. Untungnya, saat baterai Anda hampir habis, sangat mudah untuk membawa dahan ke belakang, bertukar dengan baterai baru, dan terus memetakan. Jika Anda berada di tengah misi dan Anda melihat baterai menjadi rendah, cukup klik tombol "Home" untuk membawa pulang drone. Kemudian ganti baterai baru dan buka kembali rencana yang sedang Anda terbang. Rencananya harus secara otomatis mengetahui di mana harus me-restart misi, tapi kalaupun tidak, Anda bisa memilih titik restart secara manual.

Tip dasar: Untuk memaksimalkan efisiensi baterai saat memetakan area yang luas, klik tombol "Home" saat drone terdekat dengan Anda di jalurnya - yang akan meminimalkan jumlah waktu dan masa pakai baterai yang dihabiskan untuk terbang bolak-balik untuk bertukar tempat.

3. Cara melihat Data Kesehatan Tanaman, apakah harus memakai kamera khusus?

Jika Anda membaca posting ini, kemungkinan besar Anda telah melihat salah satu peta merah dan hijau ini dan mendengar istilah NDVI - namun Anda mungkin masih memiliki banyak pertanyaan tentang bagaimana menggunakannya.

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Tanaman sehat mencerminkan banyak inframerah dekat (NIR) dan lampu hijau dan menyerap banyak lampu merah. Indeks vegetasi menafsirkan jumlah cahaya yang ditangkap melintasi panjang gelombang yang berbeda untuk meningkatkan kontras di peta Anda dan menyoroti variabilitas dengan cara yang sesuai dengan kesehatan

tanaman atau stres. Indeks vegetasi yang berbeda dikembangkan dengan berbagai tujuan dan untuk jenis kamera atau sensor yang berbeda. NDVI (Normalized Difference Vegetation Index, Rouse et al., 1973) adalah salah satu indeks tertua dan paling terkenal, dan ini dimaksudkan untuk digunakan dengan citra NIR.

Apa artinya ini jika Anda ingin menggunakan indeks NDVI untuk NDVI sejati, Anda memerlukan kamera NIR. Namun, jika Anda tidak memiliki kamera NIR, Anda masih bisa menggunakan indeks vegetasi untuk menyoroti variabilitas. Faktanya, salah satu indeks yang akan Anda temukan di DroneDeploy, indeks VARI (Visible Atmospherist Resistant Index, Gitelson et al., 2002), dimaksudkan secara eksplisit untuk digunakan dengan citra spektrum terlihat (Red Green Blue atau RGB).